Aturan Permainan Bola Voli

Aturan Permainan Bola Voli

Aturan Permainan Bola VoliPermainan bola voli dimainkanoleh dua regu yang masing-masing terdiri atas enam orang. Minimal harus ada empat orang pemain dalam satu regu, jika kurang dari empat maka dinyatakan kalah. Biasanya permainan dimulai dengan melempar koin untuk menentukan regu mana yang pertama kali melakukan servis.

Servis dilakukan di area servis. Bola servis harus melewati net dan masuk wilayah lapangan regu lawan dan tidak boleh keluar dari garis/keluar dari lapangan permainan. Jika bola hasil servis jatuh di wilayah lapangan regu lawan tanpa bisa dikembalikan maka mendapat nilai satu, jika bola keluar lapangan permainan sebelum menyentuh pemain lawan, maka bola dinyatakan out dan lawan mendapat nilai satu.

Bola servis bisa diterima ataupun  ditahan dengan memakai teknik pass atau bump dengan memakai tangan. kalau dalam posisi terpaksa bola dapat ditahan atau diterima dengan bagian tubuh mana saja. Bola maksimal dipukul atau dioper selama tiga kali dan harus diseberangkan ke wilayah lawan, jika tidak maka lawan akan mendapatkan servis serta satu nilai.

Dalam suatu turnamen, permainan dilakukan dalam lima babak. Jika dalam tiga babak telah bisa dipastikan pemenangnya, maka babak keempat dan kelima tidak perlu dimainkan. Poin normal adalah 25 poin (sistem rally point) dalam tiap babak, jika kedua regu mendapat poin 24 maka akan dilakukan penambahan dua poin, regu yang pertama kali mendapat dua poin dinyatakan menang.