Faktor yang Mempengaruhi Lompat Tinggi

Faktor yang Mempengaruhi Lompat Tinggi

Faktor yang Mempengaruhi Lompat Tinggi  – Ada empat hal yang termasuk sebagai faktor mekanikal tersebut. Keempat faktor tersebut antara lain adalah :

  1. Faktor lari.

Dalam lompat tinggi, faktor berlari memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan lompatan. Namun perlu juga diperhatikan, tentang posisi lompatan, karena lompatan yang terlalu cepat, menyebabkan pijakan kaki tidak terkontrol. Sehingga hal ini akan menyebabkan lompatan yang kurang sempurna.  Untuk itu, langkah terbaik dalam berlari dengan meningkatkan ritme lari secara bertahap. Semakin mendekati titik lompat maka kecepatan lari harus ditingkatkan.

2.  Posisi Pinggang Saat Bertumpu

Saat berlari, posisi kaki jangan sampai melebihi pinggang karena akan menyebabkan lompatan yang kurang maksimal. Selain itu, memendekkan langkah kaki saat mendekati titik lompat juga disarankan agar bisa meningkatkan posisi pinggul. Dengan posisi pinggul yang tinggi akan mampu menciptakan lengkungan pada saat melompat sehingga ketinggiannya pun semakin tinggi.

3.  Sudut Lompatan

Sudut lompatan adalah sudut melalui pusat badan. Posisi dari atlet saat melompat dan membentuk parabola ini akan ditentuka ketika atlet tersebut mengangkat kakinya saat melompat. Pelompat harus memulai lompatan dan melakukan pendaratan pada sudut yang sama.

Sudut lompatan ini didapat dari tingkat laju lari dalam masa persiapan. Semakin cepat laju lari tersebut dan gangguan yang minimal, maka sudut lompatan akan semakin datar.

4.  Pendaratan

Pada masa pendaratan, keseimbangan sangat diperlukan. Untuk itu, pada saat melayang di udara seorang atlet perlu menentukan posisi lengan dan kaki agar proses kecepatan dan penentuan gaya di udara mudah di lakukan.