Jenis Jenis Kura-kura Peliharaan

Asal Usul Kura Kura

Beberapa Jenis Kura-kura Peliharaan

Jenis kura-kura itu sangat bermacam-macam. Nah, berikut ini beberapa jenis kura-kura darat yang banyak dipelihara oleh pecinta hewan tersebut.

1. Indian Star

Indian Star adalah kura-kura yang berasal dari negara India. Indian Star ini sangat cocok dipelihara oleh para pemula, sebab harganya yang masih sangat terjangkau dibandingkan jenis lainnya. Syarat hidup dari Indian Star adalah hidup di tempat yang panas, tetapi jangan lupa untuk selalu menyediakan  tempat minum.

Jangan lupa pula untuk menjemur hewan tersebut minimal seminggu dua kali supaya kesehatan Indian Star tetap terjaga. Sementara itu, waktu penjemuran paling baik adalah dari pukul 8 pagi sampai pukul 10 pagi. Untuk makanannya, Indian Star dapat diberi makan berupa daun kembang sepatu, bunga kembang sepatu, selada, okra, fumak, dan sekali-kali beri makan buah-buahan.

2. Sulcata (Geochelone Sulcata)

Sulcata adalah kura-kura yang berasal dari Afrika. Hewan ini hidup di daerah panas dan termasuk kura-kura terbesar ketiga di seluruh dunia. Teknik perawaran Sulcata hampir sama dengan perawatan Indian Star. Hal yang membedakan di antara keduanya adalah daya tahan tubuh Sulcata bisa dikatakan lebih kuat dibanding Indian Star.

3. Forstenii (Indotestudo Forstenii)

Forstenii (Indotestudo Forstenii) adalah kura-kura asli dari Indonesia dan berasal dari wilayah Sulawesi, yaitu daerah Gorontalo hingga Lembah Palu. Berbeda dengan Indian Star dan Sulcata yang hidup di wilayah cukup panas, Forstenii (Indotestudo Forstenii) adalah kura-kura hutan yang tinggal di daerah lembab.

Kita ketahui bersama bahwa keberadaan hewan ini sudah sangat terancam punah. CITES dan IUCn telah memasukkan status hewan ini ke dalam status EN (Endangered). Namun, hal yang jauh lebih memprihatinkan, hewan ini berlum juga dilindungi oleh UU di Indonesia.