Langkah-langkah Pengembangan Desa Siaga

Langkah-langkah Pengembangan Desa Siaga

Langkah-langkah Pengembangan Desa Siaga – Dalam pembahasan artikel ini dimaksudkan untuk bisa menjadi sebuah manfaat untuk kepentingan penyusunan administrasi desa, Semoga mudah dipahami pembaca. Tombol downloadnya akan ikut disertakan di akhir pembahasan.

Pengembangan Desa Siaga adalah suatu proses untuk membangkitkan peran serta masyarakat melalui penggerakkan dan pemberdayaan masyarakat. Proses yang dilaksanakan pada dasarnya adalah memfasilitasi masyarakat menjalani proses pembelajaran melalui siklus / spiral pemecahan masalah yang teroganisir (pengorganisasian masyarakat) dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Identifikasi masalah, penyebab masalah, sumber daya untuk mengatasi masalah.
  2. Perumusan masalah, penetapan prioritas masalah dan perumusan alternative pemecahan masalah kesehatan yang ada.
  3. Menetapkan alternative pemecahan masalah yang layak, merencanakan kegiatan dan melaksanakannya secara bersama – sama.
  4. Memantau dan mengevaluasi serta membina kelestarian upaya – upaya yang telah dilakukan.

 

Langkah-langkah Pengembangan Desa Siaga

Pengembangan tim Petugas

bertujuan mempersiapkan para petugas agar memahami tugas dan fungsinya dalam pengembangan desa siaga serta siap bekerjasama dalam satu tim untuk melaksanakan pendekatan kepada pemangku kepentingan dan masyarakat.

Pertemuan Tingkat Desa

bertujuan mengenalkan konsep Desa Siaga, penyadaran pentingnya wadah koordinasi Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) serta dukungan para pemuka masyarakat dan kader kesehatan dalam penggerakkan dan pemberdayakan masyarakat dengan memfasilitasi masyarakat menjalani proses pembelajaran melalui siklus / spiral pemecahan masalah yang terorganisir. Diharapkan para pemuka masyarakat siap menjadi Tim pengembangan Masyarakat.

Survey Mawas Diri / Identifikasi Masalah dan Potensi

Survey Mawas Diri / Identifikasi Masalah dan Potensi, bertujuan agar pemuka masyarakat / kader mampu melakukan telaah mawas diri sehingga dapat diidentifikasi masalah kesehatan serta daftar potensi desa yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah–masalah tersebut.

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD)

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), adalah pertemuan warga masyarakat untuk membahas hasil survei mawas diri, merumuskan masalah, menetapkan prioritas masalah, merumuskan alternative pemecahan masalah, menetapkan alternative pemecahan masalah yang layak, dukungan dan kontribusi masing-masing pihak serta melaksanakan kegiatan dan jadwal pelaksanaannya.

Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan Kegiatan meliputi
Pemilihan pengurus dan kader desa siaga.
Orientasi / pelatihan kader desa siaga.
Pengembangan Poskesdes dan UKBM lain
Penyelenggaraan kegiatan desa siaga sesuai dengan perencanaan yang dibuat, diharapkan secara bertahap memenuhi 8 indikator desa siaga.

Pembinaan

Pembinaan dan peningkatan peran serta masyarakat dalam kegiatan desa siaga

Itulah sekilas tentang file yang akan di unduh nantinya. Untuk mendapatkan versi selengkapnya, silahkan diunduh di table dibawah, yang kemudian bisa disimpan/disave di komputer pembaca setia juraganberdesa.com semua

Download Langkah-langkah Pengembangan Desa Siaga

Download
Nama file
Langkah-langkah Pengembangan Desa Siaga

Sumber: Kemedesa.go.id