Keunggulan dan Manfaat Mengkonsumsi Ikan Lele

Manfaat dan Keunggulan Mengkonsumsi Lele

Manfaat dan Keunggulan Mengkonsumsi ikan Lele – Mungkin Anda heran mengapa orang-orang yang berasal dari daerah pantai atau perairan lain selalu cerdas. Jawabannya sangat sederhana. Mereka sering mengkonsumsi ikan. Bahkan, ikan dijadikan lauk setiap hari. Salah satu ikan yang sangat baik untuk kecerdasan otak adalah lele. Jika ingin anak Anda pintar, lengkapi proses belajarnya dengan mengkonsumsi lele.

Penghasil Omega 3

Ikan merupakan penghasil asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk mengganti agregasi keping-keping darah. Pencegahan agregasi keping-keping darah merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Selain mengurangi risiko penyakit jantung, omega 3 berguna untuk merawat kesehatan kulit, menurunkan tekanan darah, dan berperan membentuk cerebral cortese otak.

Tingginya kandungan omega dalam ikan membuat mamalia ini sangat disukai. Lele termasuk kategori ikan yang memiliki kadar lemak omega 3 sangat tinggi. Karena kadar lemaknya tinggi, lele –terutama yang berukuran besar– memiliki citarasa gurih. Selain lemak, lele mengandung protein lengkap dan semua asam amino esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Keunggulan Lele

Dibanding ikan jenis lain, lele memiliki keunggulan sendiri. Lele memiliki kandungan leusin dan lisin yang sangat tinggi. Leusin adalah asam amino esensial yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan anak dan mempertahankan stabilitas atau keseimbangan kadar nitrogen dalam tubuh. Selain itu, leusin berkhasiat untuk merombak serta membentuk protein otot.

Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang diperlukan bagi pertumbuhan serta perbaikan jaringan. Sama dengan leusin, lisin merupakan asam amino yang sangat diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kandungan asam amino tersebut memiliki fungsi sebagai berikut.

  • Membantu pertumbuhan tulang anak.
  • Menyerap kalsium.
  • Menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh.
  • Memelihara fase pertumbuhan anak supaya tidak terlalu berlemak.
  • Menghasilkan antibodi, hormon, dan enzim.
  • Membantu pembentukan kolagen.
  • Membantu perbaikan jaringan.
  • Melindungi anak dari cold sore serta virus herpes.

Menyantap Kelezatan Lele

Lele merupakan ikan yang yang sangat gurih. Untuk menyantap hidangan lele, Anda tidak usah bingung. Banyak sekali kedai-kedai pecel lele di pinggir jalan. Di sana, Anda dapat mengkonsumsi ikan berkumis ini lengkap dengan sajian sambal khas dan lalapan. Pecel lele sangat enak. Apalagi, jika lele digoreng hingga kering.

Untuk menyantap sajian pecel lele, Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Pecel lele merupakan sajian yang sangat murah meriah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp7.000,00 hingga Rp10.000,000 untuk satu porsi pecel lele lengkap dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng yang membuat sajian semakin gurih.

Itulah beberapa keunggulan lele. Ikan berkumis dan berkepala gepeng ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan kecerdasan otak. Lele juga baik dikomsumsi oleh balita karena kandungan protein dan zat penguat tulang yang tinggi.