Peluang Usaha di Desa Yang Menguntungkan

Peluang Usaha di Desa Yang Menguntungkan

Peluang Usaha di Desa Yang Menguntungkan – Mengapa banyak usaha di desa tidak bisa berkembang dengan baik. Beberapa bahkan harus keluar dari pekerjaan. Salah satu penyebabnya adalah usaha-usaha yang dibuka di desa tidak mampu memberikan solusi atas kebutuhan masyarakat.

Karena itu, sebelum menjalankan bisnis. Pertama, cari tahu jenis usaha apa yang cocok untuk dikembangkan. Jangan terburu-buru dalam memilih jenis usaha di desa, karena hal tersebut merupakan kesalahan yang sangat fatal bagi kelangsungan sebuah usaha.

Lalu apa yang harus dilakukan. Ada baiknya mengamati, mengidentifikasi, dan memperhatikan kebutuhan masyarakat di desa terlebih dahulu. Karena setiap desa memiliki kebutuhan dan konsumen yang berbeda.

Jika Anda belum menemukan ide bisnis yang cocok untuk dikembangkan di desa. 6 contoh bisnis jenis ini menurut juraganberdesa.com sangat menjanjikan untuk dibuat di desa.

Peluang Usaha di Desa Yang Menguntungkan :

1. Kedai Kopi dan Warung Gorengan

Masyarakat yang tinggal di pedesaan dan pedesaan biasanya suka nongkrong dan ngobrol dengan warga lain. Kebiasaan ini biasa mereka nikmati dengan secangkir kopi dan snack hangat, seperti pisang goreng, singkong goreng, ubi goreng, dan lain-lain. Nah, kebiasaan warga tersebut ternyata bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan untuk Anda. Membuka kopi dan kedai gorengan bukanlah ide yang buruk. Modal kecil, tapi untungnya tidak pernah nol.

2. Toko kelontong

Membuka usaha toko kelontong tidak pernah rugi. Barang-barangnya mudah ditemukan dan manfaatnya mudah didapat. Modal awal untuk membuka usaha toko kelontong ini relatif kecil. Dengan hanya berkisar 2 hingga 3 juta saja, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai macam sembako untuk dijual kembali kepada masyarakat sekitar. Keuntungan yang bisa Anda ambil dari sebuah barang relatif kecil, mulai dari 500 hingga seribu rupiah. Namun jika dalam sehari mampu menjual 100 item dengan keuntungan seribu rupiah per item, maka keuntungan bersih yang bisa didapatkan setiap hari kurang lebih 100 ribu rupiah. Keuntungan ini tentunya lebih besar dari upah seorang pekerja pabrik.

3. Toko Pakan Ternak

Biasanya di desa atau desa, mayoritas penduduknya berprofesi sebagai peternak. Nah, jika di daerah tempat tinggal Anda juga banyak orang yang berkecimpung di dunia peternakan, maka membuka toko yang menjual pakan ternak sangat menjanjikan. Mengapa? Karena pakan ternak pasti dibutuhkan setiap hari oleh peternak untuk memberi makan ternaknya.

4. Counter Pulsa

Masyarakat yang tinggal di desa maupun di desa tentunya juga memiliki handphone sebagai alat komunikasi jarak jauh. Handphone tidak akan berfungsi sebagai alat komunikasi tanpa pulsa. Untuk itu, masyarakat pasti sangat membutuhkan orang yang berjualan pulsa untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Tentu saja, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk meraup untung. Modal untuk membuka usaha ini terbilang kecil. Anda hanya perlu membeli etalase bekas dan membeli pulsa semua operator senilai 200 ribu rupiah. Jika perlu, tambahkan juga paket kuota internet.

5. Jualan Token dan Pembayaran Listrik

Untuk membayar tagihan listrik, biasanya Anda harus mendatangi loket pembayaran resmi PLN yang terletak di kawasan perkotaan. Begitu juga dengan pembayaran air bersih. Dengan adanya teknologi internet saat ini, pembayaran tagihan listrik dan air dapat dilakukan secara online. Banyak sekali aplikasi pembayaran berbasis Android yang bertebaran di Playstore. Hanya perlu mengunduh salah satunya yang menerapkan biaya admin terendah. Setelah itu, Anda bisa membuka bisnis token pembayaran online di rumah. Bisnis ini juga cukup menjanjikan. Anda bisa mendapat untung sekitar 2000 hingga 5000 rupiah per transaksi. Coba kalikan nominal ini dengan jumlah rumah di desa Anda. Tidak buruk? Namun, jika Anda memutuskan untuk membuka usaha ini, alangkah baiknya jika Anda mengawinkannya dengan usaha lain, seperti usaha toko kelontong atau loket kredit. Hal ini tentunya akan membuat tempat usaha Anda semakin ramai.

6. Budidaya Ikan

Lahan yang tersedia di pedesaan dan perkotaan pasti lebih luas dari pada lahan yang tersedia di perkotaan. Ini menjadi keuntungan bagi anda yang memiliki keahlian dalam memelihara dan membudidayakan ikan konsumsi, seperti lele, belut, nila, nila dan lain-lain. Usaha budidaya ikan ini tentunya sangat menjanjikan dan menguntungkan karena Anda bisa menjual hasil panennya ke restoran, restoran atau ke pasar.

Selain 6 usaha desa di atas, sebenarnya masih banyak potensi peluang usaha lain yang bisa kita kembangkan untuk menambah pundi-pundi ekonomi, baik dalam skala usaha kecil maupun skala usaha besar.