Pengertian Desa Wisata yang Benar

gambar Desa Wisata

Pengertian Desa Wisata yang Benar – Salah satu alasan mengapa wisatawan ingin menikmati pedesaan, karena ingin merasakan suasana kehidupan masyarakat lokal. wisatawan yang mencari pengalaman pelesiran semacam itu akan berkunjung ke desa wisata. Pelesiran mengunjungi desa wisata memungkinkan pelancong merasakan denyut kehidupan masyarakat.

Hadirnya kegiatan pariwisata di desa juga telah memberi dampak positif terhadap pembangunan ekonomi desa. dalam pengamatan saya selama di lapangan, hadirnya desa wisata dapat memberikan kesempatan warga lokal untuk terlibat aktif membangun desa dan karirnya melalui pariwisata.

Namun kadang kala banyak kesalahpahaman yang terjadi antara desa wisata dan objek wisata di desa, keduanya merupakan sesuatu yang berbeda namun acap sulit untuk dibedakan. hari ini, banyak desa yang mengklaim dirinya sebagai desa wisata. namun ketika ditilik lebih dalam, ternyata hanya berbentuk objek wisata yang berlokasi di desa tanpa memiliki konsep pengembangan sebagai desa wisata.

Masyarakat di desa wisata harus bisa memegang teguh kearifan lokalnya.  adanya aturan mengenai apa yang boleh dan dilarang dilakukan wisatawan. begitu pula dengan wisatawan yang datang ke desa wisata. mereka yang terlibat interaksi harus saling menghormati budaya lokal setempat.

Para wisatawan ingin menikmati, bukan hanya objek wisatanya, tapi juga semua yang terdapat di desa tersebut. masyarakat setempat harus memiliki rasa saling memiliki dan ingin sama sama membangun desa menjadi destinasi wisata yang akan terus dicari oleh wisatawan. peran akademisi, swasta, pemerintah memang penting dalam mendukung dan mewujudkan akselerasi kemandirian desa wisata. namun, tanpa semangat berubah, kemauan dan kesadaran dari masyarakat lokal, membangun desa wisata mandiri hanyalah impian belaka.