Peternakan Kambing di Desa

Peternakan Kambing di Desa

Peternakan Kambing di Desa– Kambing yang diternakkan (Capra aegagrus hircus) merupakan subspesies kambing liar yang tersebar secara alami di Asia Barat Daya dan Eropa. Kambing merupakan hewan pemamah biak berukuran sedang. Banyak yang tidak tahu kalau kambing jantan ataupun kambing betina mempunyai sepasang tanduk, akan tetapi tanduk kambing yang jantan lebih besar dari betina.

Umumnya kambing memiliki jenggot, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan lurus, bulu tebal. Panjang tubuh kambing liar diluar ekor adalah 1,3m-1,4m, sedangkan ekor 12cm-15cm.

Betina memiliki berat antara 50 dan 55 kg, sedangkan jantan bisa mencapai 120 kg. Kambing liar telah menyebar dari Spanyol di timur hingga India, dan dari India di utara hingga Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukai adalah kawasan pegunungan berbatu.

Secara alamiah kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam mencari makan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing yang lebih tua, sedangkan kambing jantan berperan dalam menjaga keamanan kawanannya. Dengan aktif mencari makan, siang atau malam. Makanan utamanya adalah rumput dan daun.