Sarana dan Prasarana Bola Voli

Sarana dan Prasarana yang Diperlukan

Berikut ini beberapa sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk melakukan permainan bola voli.

1. Lapangan

Permainan bola voli menggunakan lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 18 m x 9 m yang dibagi tiga sama besar (daerah pertahanan dan daerah serang). Pada bagian tengah diberi garis untuk memisahkah daerah serang masing-masing regu dengan jarak 3 meter (dari garis pemisah ke garis daerah petahanan). Garis pembatas bisa dibuat dengan berbagai bahan asalkan aman dan lebarnya tidak lebih dari 5 cm. Lapangan dibagi dua, masing-masing regu menempati luas lapangan 9 m x 9 m.

2. Wilayah Servis

Wilayah servis berada di belakang wilayah pertahanan masing-masing regu dengan batas dua buah garis sepanjang 20 cm yang merupakan sambungan dari garis samping. Daerah servis ini memanjang ke belakang hingga wilayah bebas.

3. Net atau Jaring

Net untuk permainan bola voli ukurannya adalah panjang maksimal 9,50 m dan lebar maksimal 1 m. Lubang-lubang pada jaring berukuran 10 cm x 10 cm. Tinggi net putra 2,43 m dan putri 2,24 m. Pada bagian atas ada strip putih dengan lebar 5 cm.

4. Antena Rod

Antena Rod adalah tongkat yang terbuat dari fiberglass dan dipasang di atas batas samping net setinggi 80 cm dari tepi net. Panjang total tongkat ini sekitar 180 cm dan warnaya kontras dengan warna sekelilingnya agar mudah terlihat.

5. Bola

Bola voli terbuat dari bahan kulit yang lentur atau bisa juga dari kulit sintetis dan di bagian dalamnya terbuat dari karet. Dalam pertandingan resmi tingkat internasional, standar bahan dan warna bola harus sesuai dengan ketentuan dari FIVB. Berat bola antara 260 gr sampai 280 gr, kelilingnya 64 cm sampai 67 cm. Tekanan di dalam bola antara 0,39 hingga 0,325 kg/cm2.

6. Pemain

Dalam setiap regu jumlah pemainnya adalah enam orang dan lima orang pemain cadangan serta satu libero. Satu tim maksimal yang dapat mengikuti turnamen adalah 12 orang pemain (termasuk cadangan), seorang coach, seorang sistem coach, seorang trainer, serta seorang dokter. Kapten regu harus diberi tanda pada score sheet.