Sejarah UMKM dan Bisnis Kuliner Masa Covid

Sejarah UMKM dan Bisnis Kuliner Masa Covid

Sejarah UMKM dan Bisnis Kuliner Masa Covid – Waktu terjadi krisis moneter 1998 dan krisis ekonomi global 2008, UMKM adalah masih tetap berdiri kokoh dan tidak terimbas efek dari krisis tersebut. sejak tahun 2008, istilah UMKM mulai muncul saat disahkannya uu no.20 tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil dan menengah.

UMKM di indonesia telah menyumbang sebesar 60% ke untuk pemasukan negara pada tahun 2012 dan meningkat ke angka 90% pada tahun 2018. angka ini tetap meningkat mengingat indonesia sempat diberikan gelar negara dengan total UMKM terbanyak sesudah amerika serikat dan india.

Hal ini menunjukan bahwa UMKM di indonesia memiliki potensi yang besar dalam membangun perekonomian, khususnya produk makanan dan minuman. tren tersebut diprediksi berpotensi bakal tetap meningkat di 2021.

Bisnis kuliner tak pernah surut peminat, bahkan bisa dibilang jadi primadona. Membidangi bisnis ini tergolong mudah sebab bisnis kuliner online bisa dimulai siapa saja dengan modal yang kecil.

Akan tetapi, pandemi covid-19 yang melanda seluruh wilayah di dunia berefek pada berbagai sektor, tak terkecuali sektor kuliner. wabah ini mengakibatkan penurunan pemasukan bagi mereka yang berkecimpung di dunia kuliner.

Oleh sebab itu acara ini diharapkan menjadi pembelajaran kepada para pemilik UMKM kuliner untuk bisa tetap bertahan dalam segala kondisi

akhir kata, mari kita sama sama meningkatkan pemahaman tentang usaha kuliner yang bisa diterima dengan baik oleh masyarakat sehingga bisa menyejahterakan masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan tumbuhnya ekonomi kreatif lewat dunia makanan.