Teknik Dasar Tolak Peluru

Teknik dasar tolak peluru

Teknik dasar tolak peluru merupakan cara awal yang perlu dipelajari oleh seseorang ketika akan melakukan olahraga tolak peluru, tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil tolakan yang kuat dan sempurna. Teknik dasar tolak peluru ini terdapat beberapa teknik, diantaranya : cara memegang paluru, meluncur, dan menolak.

Cara memegang peluru

Cara memegang peluru ada tiga macam :

  1. Jari-jari direnggangkan sementara jari kelingking agak ditekuk dan berada disamping peluru, sedangkan ibu jari berada dalam sikap sewajarnya, Cara ini hanya sesuai bagi orang yang jari-jarinya kuat.
  2. jari-jari merapat ke belakang peluru dan ibu jari agak dibuka ke samping, cara ini biasanya dipakai oleh atlet-atlet yang mendapatkan juara.
  3. cara yang ketiga sama halnya seperti cara yang di atas, hanya saja sikap jari-jari lebih direnggangkan lagi, sedang letak jari kelingking juga berada di belakang peluru, cara ini sangat cocok bagi orang yang tangannya agak kecil.

Cara meletakkan peluru di leher

Pertama ambil peluru dan peganglah dengan memilih salah satu jenis pegangan di atas. kemudian letakkan peluru di leher bagian samping kanan depan dengan telapak tangan menghadap ke atas, untuk lebih meyakinkan letakkan ibu jarinya di atas tulang selangka, kemudian angkat siku sejajar dengan bahu, miringkan kepala ke arah peluru. sikap ini dapat membantu mengokohkan posisi peluru di leher.

Cara meluncur

Terdapat tiga gaya meluncur dalam teknik dasar tolak peluru, diantaranya : meluncur dengan gerakan menggeser kaki ke samping atau dikenal dengangaya menyamping dan meluncur dengan gerakan menggeser kaki ke belakang arah lemparan, gaya ini lebih dikenal dengan sebutan gaya membelakang.