Tip Merawat Kura-kura

Tip Merawat Kura-kura

Tip Merawat Kura-kura – Seperti amfibi dan reptil lainnya, kura-kura pun dianggap sangat menarik dan membuat banyak orang ingin memeliharanya. Tapi, banyak juga yang membelinya hanya karena tren tanpa memedulikan kebutuhan khusus hewan tersebut. Sebenarnya, memelihara kura-kura itu tidaklah rumit.

Kasus-kasus kematian yang sering terjadi di penangkaran lebih banyak disebabkan karena salahnya penanganan. Bila prosedur perawatannya benar, reptil ini bisa hidup selama puluhan tahun. Nah, berikut ini yang wajib diperhatikan saat memelihara kura-kura agar sehat selalu.

  • Pastikan kura-kura mempunyai ruang cukup untuk hidup. Pastikanlah ruangan tersebut cukup memiliki cahaya, kelembabannya terjaga, tersedia air bersih, dan ada lampu berjemur.
  • Tak jarang para pecinta kura-kura membuat habitat alami kura-kura sealami mungkin. Artinya, hewan tersebut akan mempunyai siklus hidup dan juga berkembang biak seperti di alam bebas. Cara seperti ini tentu memiliki kelemahan, yaitu kura-kura akan bersifat tertutup, khususnya ketika musim bertelur, sebab pada dasarnya reptil ini akan bersembunyi ketika membuat sarang dan juga tak mau diganggu.
  • Banyak juga pecinta kura-kura di luar negeri memakai pendingin untuk membuat kondisi ideal beristirahat panjang bagi kura-kura. Cara ini tidak dianjurkan karena bila tak mempunyai kemampuan beradaptasi dan terjadi kenaikan suhu secara tiba-tiba, waktu tidur atau istirahat kura-kura akan terganggu. Akibatnya mungkin akan sangat fatal. Cara paling ampuh yaitu tak membiarkan hewan tersebut hibernate sama sekali bila memang berniat menyimpannya dalam ruangan.
  • Saat memlihara di rumah, pastikanlah kapasitas tangki pemeliharaan dapat menampung sedikitnya 40 galon. Selain itu, harus tersedia ruangan yang cukup untuk menyimpan kura-kura. Harus juga menyediakan tempat untuk berjemur.
  • Jangan lupa mencuci tangan sesudah memegang kura-kura agar terhindar dari kontaminasi. Walaupun sebenarnya tak semua kura-kura membawa salmonella, tak ada salahnya untuk selalu mencuci tangan setelah memengnya. Hal ini tentunya akan lebih aman bagi kesehatan kita maupun kura-kura.

Itulah ulasan seputar kura-kura dan tip-tip merawatnya. Kura-kura semakin langka. Oleh karena itu, kita harus turut serta menjaga kelestariannya.