Tips Memberi Makan Kura-kura

Tips Memberi Makan Kura-kura

Tips Memberi Makan Kura-kura

  • Pastikan ukuran makanan yang akan diberikan tidak terlalu besar atau sudah dipotong-potong.
  • Makanan kura-kura sebaiknya diberikan 2 hari sekali. Kecuali untuk kura-kura yang masih dalam proses pertumbuhan atau kura-kura yang masih muda, lebih baik diberi setiap hari dengan porsi yang sedikit saja agar pertumbuhannya tetap berjalan baik.
  • Dalam memberi makanan kura-kura, sebaiknya jangan hanya satu jenis. Variasi makanan akan membuat kura-kura tidak cepat bosan. Dalam satu minggu, sebaiknya Anda memberikan pelet, sayur, buah, dan daging secara bergantian atau beberapa jenis makanan tersebut dicampur. Misalnya sayur dicampur dengan pelet, atau sayur dicampur dengan buah.
  • Jangan terkecoh oleh kura-kura yang tidak mau berhenti makan, tidak berarti bahwa kura-kura masih belum kenyang atau masih butuh makan. Kura-kura adalah hewan dengan nafsu makan besar.¬†Kura-kura bisa makan apa saja dalam jumlah besar sekalipun. Anda harus benar-benar memperhatikan porsi makannya.
  • Suplemen jangan diberikan tiap hari atau setiap kali makan. Sebaiknya diberikan seminggu sekali. Ketika kura-kura sedang sakit, barulah pemberian suplemen dilakukan secara lebih intensif, bisa setiap kali makan atau 2 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa tips untuk memberi makan kura-kura. Hal yang paling penting dalam memberi makanan kura-kura adalah jenis, waktu, dan jumlah makanan. Jagalah selalu kesehatan kura-kura. Bila tiba-tiba tidak mau makan, sebaiknya segera periksakan kura-kura Anda ke dokter hewan.