Tips Paket Usaha Laundry di Desa dengan Modal Kecil

Tips Paket Usaha Laundry di Desa dengan Modal Kecil – Perkembangan zaman sekarang membuat mobilitas manusia semakin sibuk hingga lupa waktu untuk mengurus dirinya sendiri. Salah satunya mencuci baju, mengeringkan dan menyetrika baju sendiri. Karena kesibukan ini, maka layanan laundry hadir untuk membantu mencuci dan menyetrika pakaian. Makanya, target pasar konsumen laundry sangat luas mengingat masyarakat sibuk di kota besar tidak punya waktu untuk mencuci pakaian setiap hari.
Awalnya usaha laundry hanya berkembang di kota-kota besar, namun hingga saat ini usaha laundry telah meluas ke kota-kota kecil bahkan pedesaan.

Jika Anda ingin memulai bisnis laundry, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan perhatikan. Diantara mereka:

Beberapa Tips untuk Menjelajahi Peluang Bisnis Kiloan Laundry di desa

Pilih Lokasi yang Tepat

Selain modal, hal penting lain yang perlu Anda persiapkan adalah lokasi untuk membuka usaha. Pemilihan lokasi dianggap penting karena dengan membuka usaha laundry berarti yang menjadi target pasar adalah masyarakat di sekitar lokasi usaha anda. Misalnya jarak tempuh maksimal 500 kilometer dari tempat bisnis Anda. Karena bisnis laundry saat ini sedang menjamur, carilah lokasi yang cukup jauh dari bisnis laundry yang ada.

Membuka bisnis laundry sendiri di rumah juga tidak ada salahnya. Meski begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan modal lagi untuk menyewa toko atau tempat. Dan alangkah baiknya jika di sekitar tempat tinggal Anda belum ada yang membuka usaha laundry serupa. Namun, kalaupun ada, usahakan untuk menawarkan promo menarik untuk pelanggan, dan tingkatkan kualitas layanan Anda, agar lebih banyak orang yang datang ke bisnis laundry Anda dibandingkan kompetitor di sekitar tempat tinggal Anda.

Tetapkan Prosedur yang Benar

Membuat prosedur rutin terkait prosedur yang berkaitan dengan bisnis laundry. Cek dan catat berapa banyak detergen yang harus Anda gunakan saat mencuci 1 kilogram pakaian, menggunakan pengharum, menyortir pakaian, menjemur, menyetrika, mengemas pakaian yang rapi dan wangi, sehingga Anda bisa lebih mudah menentukan harga yang akan Anda kenakan.

Persiapkan semua yang Anda butuhkan dalam bisnis laundry, seperti mesin cuci, pengering, setrika, keranjang pakaian, timbangan pakaian dan juga plastik untuk mengemas pakaian bersih dan harum.

Untuk bahan seperti deterjen dan pengharum belilah dalam jumlah banyak agar stoknya selalu aman. Jika Anda ingin mendapatkan deterjen dan pengharum yang murah, bekerjasamalah dengan pemasok.

Menetapkan tarif yang sesuai

Sebelum Anda menetapkan tarif untuk jasa laundry Anda, ada baiknya Anda melakukan survey harga terlebih dahulu dengan mengetahui harga laundry kompetitor. Jangan sampai harga yang Anda tetapkan jauh lebih mahal dibandingkan kompetitor yang berada di dekat lokasi bisnis Anda.

Jika anda membutuhkan karyawan untuk membantu bisnis laundry anda, maka carilah karyawan yang benar-benar ulet dan rajin dalam bekerja, jika memungkinkan harus ahli dalam hal yang berkaitan dengan laundry. Selain itu, karyawan tersebut harus baik hati dan jujur.